Selasa, 18 Oktober 2011

Honda Karisma, Penggebrak Kelas 125cc


Abdul Syukur alias Kelling tak cuma kesohor di arena balap lurus resmi. Di ajang balap malam non resmi pun mekanik bengkel rumahan di Jl. Masjid Al-Goufur, Kiragil Baru, Tangerang Selatan, Banten cukup disegani. Semula, Karisma milik Saipul warga Serpong-Banten ini cukup terkenal di trek lurus malam hari. Wajar kalau sekarang kayak artis digosipin mulu di kalangan balap.

“Padahal baru jadi. Ubahan dibikin eksklusif buat turun balap," kata pemilik motor biasa disapa Acoy. Karisma ini juga dipersiapkan untuk balap lurus resmi sebagai media promosi bengkel Acoy yaitu Rara Motor (RM). Untuk memenuhinya, Acoy menggelandang ke tempat Kelling.

Sekarang pakai piston Honda Tiger oversize 150 diameter 65 mm dengan setang piston Legenda. Meski lebih pendek 2 mm, ubahan dibuat untuk kejar paking tipis. Stroke dibikin 6 mm dengan total 63,9 mm. Tangan Kelling pun memapas bibir silinder head 1,2 mm dengan lebar dan sudut squish ikuti diameter piston


Biar buka-tutup tetap rapat, pria berjeng-got ini memilih klep EE-5. "Kalau buat Honda, klep jangan terlalu besar. Mesti dikecilkan jadi 32/27,5," tambahnya.

Kem tetap pakai asli. Hanya dimodifikasi. Angkatan klep buang dibikin 9,1 mm dan katup masuk diracik jadi 9,4 mm. Agar tidak kehilangan power saat pindah gigi, rasio girboks dihitung ulang.

Dipilih gigi 4 punya perbandingan overdrive. "Perbandingan gigi asli 24/26 mata diganti 25/25 biar putaran atas enteng," ucap Ayah dua anak itu. Siap dibuktikan.


DATA MODIFIKASI
Ban depan : Commet 50/100-17
Ban belakang: Hut 60/90-17
Koil: Suzuki RM125
Karburator : Keihin PE 28)
Sok belakang : KTC


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites