Senin, 23 April 2012

Manusia dan Cinta Kasih

Arti kata cinta menurut bahasa adalah rasa sangat suka/sayang/sangat kasih/sangat tertarik hatinya. Dan arti kata kasih adalah perasaan sayang atau cinta atau menaruh belas kasihan. Di lihat dari artinya kata cinta dan kasih memiliki persamaan yaitu sebuah perasaan tetapi terdapat juga perbedaan yaitu cinta lebih mengandung rasa yang mendalam sedangkan kasih lebih ke keluarnya atau pembuktiannya.

Ada berbagai macam cinta kasih dalam kehidupan manusia diantarannya Cinta kasih kepada Tuhan, orang tua, manusia ,serta lingkungan sekitar.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa cinta mudah dipahami,dan bila dikaitkan dengan agama akan menjadi sedikit kompleks.dalam kenyataan manusia pasti menginginkan cinta dalam kehidupan ini tapi dalam perakteknya masih banyak pertengkaran dan perpecahan disana-sini antar umat manusia.

Cinta terhadap diri sendiri juga merupakan suatu bentuk ungkapan cinta kasih, aplikasinya yaitu menjauhi diri dari perbuatan perbuatan tercela, bersikap sopan santun serta menghargai orang lain termasuk bukti kecintaan terhadap diri karena pandangan positif dari orang lain/orang sekitar menjauhkan diri dari rasa stress yang dapat terjadi pada diri manusia.

Ada berbgai cara untuk mengekspresikan atau menungkapkan sikap cinta kasih antara lain lewat sikap dan tingkah laku manusia ,dengan ungkapan kata-kata ataupun tulisan (missal: puisi) maupun yang lainnya.

Sedangkan untuk mengungkapkan rasa cinta kasih terhadap Tuhan yaitu melalui ketaatan (menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya).

Dan yang terakhir, setiap manusia pasti menginginkan kebahagian dan kedamaian, itu semua bias didapatkan melalui cinta kasih yang manusia rasakan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites