Senin, 23 April 2012

Manusia dan Keadilan

Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang mengajak supaya selalu menjaga keadilan. Adil berarti tidak berat sebelah. Dengan kata lain, adil adalah memperlakukan atau menimbang sesuatu dengan cara yang sama, tidak berat sebelah, dan tidak saling merugikan.
Mengapa kita harus berlaku adil? Karena, dengan sikap dan tindakan yang adil berarti kita telah membuat orang lain beruntung dan tidak merasa dizalimi. Sebaliknya, jika kita berlaku tidak adil, maka kita dianggap telah merugikan dan menzalimi.
Adil termasuk dalam ruang lingkup akhlak yang baik. Islam sendiri sudah memperjuangkan keadilan dengan baik, yaitu dengan memberikan hak kepada yang berhak tanpa mengurangi sedikit pun.
Banyak manusia yang berusaha memperjuangkan keadilan meski nyawa menjadi taruhannya. Adil adalah bersumber dari sifat Allah Al-’Adl. Ketika manusia berada di alam ruh manusia telah berjanji untuk menjalankan sifat-sifatNya. Karena itulah Al-’Adl akan senantiasa dicari manusia sampai kapan pun dan di mana pun. Karena dia adalah suara hati manusia yang telah ada bahkan sebelum manusia dilahirkan ke muka bumi.
Dalam buku yang disajikan dengan menarik ini, kalian akan lebih banyak tahu tentang nilai-nilai adil, yang akan membawa kalian menjadi anak yang dicintai makhluk di dunia ini. Buku ini diadaptasi dari buku Bangkit dengan 7 Budi Utama ESQ. Sangat cocok untuk bacaan anak-anak dan alumni training ESQ for Kids terutama untuk mengenalkan mereka akan nilai adil.
Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan intisari dari hikmah nilai adil itu, sehingga kalian dapat menjadi anak yang adil. Selamat membaca! (Baihaqi Nu’man)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites